10 Software pembuat game terbaik

Hy para sahabat GAME MASTER, kali ini saya akan membahas tentang 10 software pembuat game terbaik. Memang, siapa yang tidak mau membuat game ? Pasti, semua orang ingin membuat game. Tetapi, untuk membuat sebuah game, kalian harus memiliki software untuk membuat game. Inilah dia, 10 software pembuat game terbaik.

10. Creation Engine


Di posisi ke sepuluh, ada software yang bernama Creation engine. Creation engine dulunya memiliki nama gamebryo engine, yang dikembangkan oleh Bathesda Softworks untuk komputer pribadinya sendiri. Tetapi, sekarang Creation engine sudah dikembangkan dan kalian semua bisa mendownload creation engine. Dulunya, creation engine digunakan untuk membuat game fall out 3, dan juga fall out las vegas. Sekarang juga ada game yang bernama elder scrolls V Skyrim yang dibuat dengan software ini juga. Apakah kalian mengetahui game skyrim V ? Lihatlah grafik yang berada di game skyrim V. Skyrim V mendapatkan gelar dengan grafik terbaik tahun 2012 berkat creation engine ini.

9. IW Engine



Di posisi ke sembilan ada IW engine. Apakah kalian tahu game Call Of Duty, atau biasa kita sebut dengan COD ? Ya, game tembak-menembak itu sangat terkenal, dan kini game Call Of Duty sudah rilis versi terbarunya, yaitu Call Of Duty 4. Sebenarnya, game yang sangat seru dan terkenal itu dibuat menggunakan software IW engine. IW engine adalah sebuah software pembuat game yang dikembangkan oleh Infinity Ward, dan digunakan dalam permainan Call Of Duty. Sebenarnya, untuk Call Of Duty 1 tidak menggunakan software yang satu ini, melainkan untuk Call Of Duty 2 dan seterusnya. Jadi, software ini pertama kali digunakan untuk membuat game Call Of Duty 2 pada tahun 2005.

8. HPL Engine



Di posisi ke delapan ada software yang bernama HPL engine. Software yang satu ini adalah software khusus untuk membuat game horror. Dikembangkan oleh Frictional Games, dan dinamai HPL engine karena seorang penulis buku horror yang mempunyai nama panggilan HP Lovecraft. HPL engine dibuat pada tahun 2005 untuk membuat game horror, dan sudah banyak game horror yang menyeramkan yang dibuat menggunakan software HPL engine. HPL engine memiliki 3 versi, yaitu HPL engine 1, HPL engine 2, dan juga HPL engine 3. Dalam fiturnya, HPL memiliki sebuah fitur yang menarik, yaitu sistem portal untuk melakukan oklusi pemusnahan. Ada salah satu game horror yang lumayan menyeramkan yang bernama Amnesia, yang dibuat menggunakan HPL engine 2.

7. Anvil Engine



Di posisi ke tujuh, ada sebuah software yang bernama Anvil engine. Apakah kalian tahun game Assasin's Creed Unity. Game seperti Assasin's Creed Unity sebenarnya dibuat menggunakan Anvil engine. Anvil engine dikembangkan oleh Ubisoft Montreal pada tahun 2007, dan digunakan untuk membuat game Playstation 3, Playstation 4, Playstation Vita, Xbox 360, Xbox One, Microsoft Windows, dan juga Wii U.

6. ID Tech Engine



Wiw. Software yang berada di posisi ke enam adalah software yang bernama ID Tech engine. ID Tech engine adalah sebuah software pembuat game yang dikembangkan oleh ID Software. Sudah banyak versi yang tersedia dari ID Tech engine, yaitu versi ID Tech engine 1 sampai ID Tech engine 5. Sebenarnya, ID Tech engine adalah engine yang pertama kali dibuat, dan sudah menjadi nenek moyang para engine-engine sekarang. Sudah banyak pendahulu ID Tech engine, tetapi sekarang ID Tech engine masih bisa digunakan dan memiliki fitur yang menarik. Game pertama yang dibuat oleh ID Tech engine adalah game FPS yang bernama CataComb 3D. Apakah kalian tahu game CataComb 3D ? Mungkin, diantara kalian banyak yang tidak mengetahuinya, karena game CataComb 3D ini kurang terkenal. Oleh karena itulah, ID Software atau biasa disebut HoverTank 3D merilis game yang bernama Wolfenstein 3D. ID Tech engine memiliki terrain editor yang sederhana, tetapi meskipun begitu, terrain editor yang berada di ID Tech engine sangatlah komplit. Selain itu juga, ID Tech engine bisa membuat MEGA Texture di dalam gamenya, yang mencapai 128.000 X 128.000 pixels.

5. Avalence engine



Di posisi ke lima, ada sebuah software yang bernama Avalence engine. Software yang satu ini memiliki grafik yang cukup menarik, dan game pertamaa yang dirilis menggunakan software Avalence engine adalah game yang bernama Just Cause 2. Apakah kalian tahu game Just Cause 2 ? Jika kalian bermainnya, kalian akan melihat sebuah pulau yang sangat besar dan luas. Avalence engine juga memiliki efek-efek yang sangat menarik, seperti dalam game Just Cause 2, efek ledakan dan tembakan benar-benar asli. Avalence engine memiliki AI yang cerdas, dan grafik yang cukup menarik.

4. Frostbite engine



Di posisi ke empat, ada software yang bernama Frostbite engine. Dengan grafik yang sangat dahsyat dan terlihat sangat asli, Frostbite bisa dibilang adalah software game engine dengan grafik terbaik. Apakah kalian tahu game yang bernama BattleField ? Itulah salah satu game yang dibuat oleh software Frostbite. Melihat grafik dari BattleField 4 saya langsung tertarik dengan game itu. Selain BattleField, ada game yang bernama Need For Speed The Run, yang dibuat dengan software Frostbite engine juga. Tetapi, Frostbite engine tidak bisa digunakan oleh kalian yang menggunakan Windows XP dan juga kalian yang menggunakan DirectX 9, karena dalam software ini sepenuhnya digunakan menggunakan DirectX 11.

3. Unreal Engine



Di posisi ke tiga, ada software yang bernama unreal engine. Software unreal engine adalah software pembuat game yang dibuat dan dikembangkan oleh unreal teknologi. Sudah banyak game yang dibuat menggunakan software yang satu ini, bahkan salah satu game Indonesia, Gaib Game dibuat menggunakan software unreal engine. Unreal engine dibuat pada tahun 1998, dan terus-menerus dikembangkan sampai sekarang versi terbarunya, unreal engine 4. Game pertama yang dibuat unreal engine adalah game yang bernama Stealth Deus Ex, yang dirilis pada tahun 2000. Game Stealth Deus Ex adalah sebuah game di dunia yang gelap. Semua game yang dibuat oleh unreal engine ini memanglah sangat menarik dan mengagumkan, dan hampir semua game bertema kelam, karena unreal teknologi mengutamakan shadows atau bayangan dalam software buatannya ini.

2. Cryengine



Di posisi ke dua, ada sebuah Software yang bernama Cryengine. Dibuat oleh Crytek, Jerman, pada tahun 2004. Cryengine ini memiliki grafik yang sangat bagus, meskipun tidak sebagus Frostbite, tetapi Cryengine mudah untuk digunakan. Tetapi, Cryengine memiliki satu kerugian, yaitu karakter utama dalam game ini tidak bisa diperlihatkan dengan jelas, hanya bisa melihat badan dan tangannya saja. Tetapi, meskipun begitu, Cryengine Memiliki physics game, AI, networking, dan masih banyak lagi keunggulan dari Cryengine. Salah satu game yang dibuat oleh Cryengine, sekaligus dibuat oleh Crytek adalah Crysis. Tetapi, meskipun Cryengine dibuat oleh Crytek, tetapi Crytek memiliki saingan, yaitu Obisoft. Game Farcry adalah game yang dikembangkan oleh Obisoft dan menjadi game unggulan Cryengine. Game yang lainnya yang dibuat dengan menggunakaan Cryengine adalah The Forest, Outlash, Warhead, dan masih banyak lagi.

1. Rage engine



Dan inilah di posisi pertama, ada sebuah software yang bernama Rage engine, atau Rockstar Advance Game Engine. Rage engine adalah sebuah game engine yang dibuat oleh Rockstar untuk pembuatan game GTA, The Warriors, dan masih banyak lagi. Keunggulan dari Rage engine ini adalah tempatnya yang sangat luas, seperti yang ada dalam game GTA. Coba kalian mengelilingi seluruh kota dengan berlari, pasti membutuhkan waktu beberapa jam, berbeda dengan game yang lain, kalian tidak menggunakan kendaraan, hanya berjalan atau berlari dan menembak musuh, tetapi masih bisa sampai ujung tempat game. Tetapi, kita cukup susah dan rumit jika memakai Rage engine, tetapi jika kalian sudah ahli, maka kalian bisa membuat game yang lebih baik dari GTA V

Nah itulah tadi, sofware terbaik untuk membuat game. Jadi, apakah kalian ingin membuat game ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar